14 May 2009

Menulis Itu Menyenangkan

Kalau ada yang bertanya apa hobi saya, pasti kujawab ‘menulis’. Ya, menulis bagi saya cukup menyenangkan. Saya bisa mengekspresikan diri lewat tulisan. Apapun bentuknya dan susunannya saya menikmati proses menulis itu. Dan puncaknya adalah apabila tulisan saya dibaca orang lain. Terlebih bila dikomentari dan menjadi modal untuk lahirnya sebuah diskusi.

Sejak blog mulai dikenal dan populer, saya semakin bersemangat menulis (lebih tepatnya mengetik). Bersama blog, saya merasa memiliki sebuah media informasi yang dikelola sendiri. Saya sebagai pemiliknya, redakturnya sekaligus wartawannya, baik digaji atau kerja bakti… hehehe.

Ada kepuasan tersendiri dalam menghasilkan sebuah tulisan. Dalam blog-blog saya yang lain saya selalu menekankan fokus pada satu topik saja. Oleh karena itu blog-blog saya tersebut memiliki pelanggan yang setia dan konsisten mengunjunginya. Namun kadangkala saya terjebak tidak bisa lebih luas berekspresi. Misalnya saya mengelola blog bertema musik, namun kadang saya jijik melihat suasana politik. Ingin rasanya berkeluh kesan tentang politik, namun blog tersebut temanya adalah musik. Bisa saja saya memaksakan tulisan politik dalam blog tentang musik itu karena kadang politik juga mempengaruhi musik. Namun saya merasa mendapatkan kejanggalan disitu.

Maka dari itu saya membuat blog lain sebagai sarana ekspresi saya pada apa saja yang mengusik keseharian. Seperti tukang becak, politik dan sebagainya yang nyata saya lihat disekitar bukan sekedar ilusi atau khayalan. Ruangan ini barangkali terkesan campur aduk, namun titik fokusnya adalah pokok pikiran mbah Ngepot tentang apa yang disaksikan. Dan sangat mungkin dirasakan juga oleh pembaca lainnya.

Maka menulislah atau mengetiklah. Karena pancaran jiwa kita kadang lebih terasa bila dituangkan melalui tulisan. Kita yang pemalu dan tidak percaya diri berbicara diatas forum, melalui tulisan semua unek-unek itu bisa terlampiaskan. Dan hasil tulisan itu bila dipublikasikan kedalam sebuah blog dan dibaca oleh siapa saja, mungkin dengan tanpa disadari akan memberi inspirasi kepada orang lain. Dan bila inspirasi itu berbuah pada sesuatu yang positif, tentu rangkaiannya akan berbuah pada pahala untuk kita sendiri.

------
Seperti biasa, aku coba terjemahkan ke bahasa inggris dengan bantuan om google terjemah.. dan hasilnya adalah...

Writing That Fun

If you ask what is my hobby, surely kujawab 'write'. Yes, I just write for fun. I can express themselves through writing. Regardless of order and I enjoy the writing process. And its peak is when I read any posts other people. Especially when dikomentari and capital to become the birth of a discussion.

Since starting a blog known and popular, the more I write offs (more precisely typing). Together blog, I have a media that managed their own information. I as the owner, redakturnya while wartawannya, good job or be paid a tribute ... hehehe.

There is satisfaction in producing a distinctive writing. In my blogs the other I always emphasize the focus on one topic only. Therefore, the blog-my blog has loyal customers and consistent mengunjunginya. But sometimes I can not snare a broader expression. For example, I manage a blog on music, but sometimes I see a beastly political environment. I want to moan about the political effect, but the blog is the theme music. I can only impose any posts in a political blog about music sometimes because it also affects political music. But I get the feeling there gaffe.
Therefore I create a blog as another means of expression in what I touch the daily life. Such as carpenters becak, political, and so real that I see not only the illusion or delusion. This room, perhaps seemed upset, but its focus is the main point champion Ngepot thought about what is witnessed. And very probably also felt by other readers.

So menulislah or mengetiklah. Reflection of the soul because we sometimes feel better when poured through writing. We are shy and not confident to speak over the forum, any posts through all unek-unek could terlampiaskan. And when the results of any posts that are published into a blog and be read by anyone, it might be unwittingly akan provide inspiration to others. And if inspiration is something that bear on the positive, of rangkaiannya will bear fruit in the reward for our own.

Comments :

0 komentar to “Menulis Itu Menyenangkan”


Post a Comment