29 May 2009

Suka Duka Ngeblog

Saya mainan blog sejak 2005. Ya.. saat itu punya keinginan punya website pribadi yang berisi tulisan-tulisan pribadi. Selain itu juga buat gaya-gayaan (jujur) hahaha.. Jadi keren kan kalau ketemu teman trus bilang, "kunjungi situs resmiku ya di www dot dsbdsb dot com" hahaha. Tapi akhirnya setelah coba ini dan itu maka aku bertemu dengan makhluk bernama blogspot ini.

Blog pertamaku pakai blogspot. Pertama bikin memang masih bingung, sampai lama-lama mengerti juga. Aku juga melewati masa transisi blogspot beta yang merupakan cikal bakal blogspot yang sekarang ini, saat itu sempat bingung juga. Perjalanan telah berlangsung lama, namun blog pribadi pertama itu sepi pengunjung (sampai sekarang hehehe). Begitu ada satu orang saja yang komentar, hati ini langsung berbunga-bunga... hahaha. Dalam sebulan biasanya aku bikin 5-7 postingan, dan itu yang dikomentari cuma 2 saja... hihihihi... Lalu aku buatlah blog lain juga dengan blogspot yang sebenarnya bukan blog tentang pribadiku, namun membahas mengenai hobi dan kegemaranku. Ternyata blog kedua itu lebih diterima masyarakat online dibanding blog pribadiku. Jadilah dua blog itu berjalan beriringan.

Lalu saat itu aku merasa punya blog di blogspot kurang memberi keluasan dalam jaringan pertemanan. Kita hanya mengenal lewat komentar namun untuk mendalami seseorang itu ternyata tidak mudah. Lalu aku menjajal blog dari Wordpress. Nyatanya hampir sama dengan blogspot. Kemudian bertemu dengan blog yang dibuat Multiply. Buka account di multiply dan mulailah menulis apa saja yang ingin ditulis disana. Ternyata setelah sekian bulan mainan multiply aku mengenal banyak orang sesama pemain multiply dan berlanjut dengan berinteraksi di dunia nyata. Seperti bermula dari tukeran nomer telepon hingga berkunjung kerumah sahabat Multiply lainnya (yang sudah tentu tidak terlalu jauh rumahnya). Wah aku punya banyak teman di multiply. Hingga sampai sekarang kita rutin berkomunikasi via telpon dan bahkan beberapa kawan sering mengirim paket via pos berisi benda-benda yang menjadi hobiku tanpa pernah aku minta sebelumnya, terimakasih.

Seiring dengan boomingnya Facebook, sebagian besar kawan di multiply lebih memilih aktif di situs jaringan sosial Facebook itu. Akibatnya multiply menjadi sepi. Sepi dalam artian jarang yang posting content-content terbaru. Akupun juga ikutan main Facebook yang setelah sekian bulan bermain Facebook aku mulai bosan juga (kecuali main Mafia Wars hehehehe). Dalam kebosanan itu aku kembali ke multiply namun nyatanya masih sepi juga. Coba posting tulisan disana, namun sepi komentar dan pengunjung. Sejujurnya komentar adalah salah satu pemicu semangat dalam nge-blog, sepinya komentar membuat aku jadi malas juga.

Dan masa-masa sepi ini maka aku bikin account baru di blogspot dengan id Mbah Ngepot ini. Mungkin sebagai tanda protesku ya?. Tapi ya beginilah keadaannya, yang diatas bisa juga dibawah begitu pula sebaliknya. Dan di mbah Ngepot ini aku berusaha tidak peduli kalau nyatanya menjadi sepi juga senasib dengan blog perdanaku, aku cuma ingin meluapkan segala unek-unek disini peduli ada yang baca atu tidak. Dan dari semua blog yang aku punya, aku lebih asik di blogspot karena cukup mudah mengelolanya dan terasa lebih luas cakupannya. Juga di blogspot lebih mudah untuk dipasangi iklan PPC yang bisa menambah uang rokok si mbah ini hehehe. Namun untuk mencari persahabatan antar sesama blogger, aku lebih memilih Multiply.

Namun apapun itu tentu kita semua mempunyai penilaian masing-masing tentang penyedia layanan blog gratisan ini kan. Sudah tentu berbeda dengan penilaian saya tergantung pengalaman dalam ngeblog masing-masing. Dan semua ini semoga tidak mengurangi kreatifitas kita dalam menulis (baca: mengetik) ya. Apapun bentuk dan gaya tulisan itu, minimal ada rasa bangga bisa berbagi pengalaman maupun informasi meski secuil.. hehe....

Comments :

3 komentar to “Suka Duka Ngeblog”

huehueheu.... oke mbah... semoga tetep semangat.... :D

RanggaGoBloG said...
on 

siiippp.. siiiiiipp... mudah2an

Mbah Ngepot said...
on 

jangan menyerah untuk berbagi pengalaman, tidak ada yang sia-sia apa yang embah lakukan. lanjutkan berkarya....

amo abdullah said...
on 

Post a Comment