29 May 2009

Tips Mengelola Banyak Blog

Karena ngeblog adalah salah satu hobi, maka saya harus rajin menulis dan disiplin mengatur tempo postingan dalam blog. Dalam sehari saya harus membuat tulisan baru di beberapa blog yang lain termasuk blog baru ini. Minimal 2 postingan baru tersebar merata dalam satu hari. Lalu bagaimana caranya saya bisa menulis beberapa judul dalam hari yang sama?

Mungkin tips dari saya berbeda dengan pembaca lainnya. Tentu semua punya cara masing - masing dalam mengelola blognya. Tapi biarlah saya berbagi disini siapa tahu bisa menjadi inspirasi.

Saat ini saya punya 5 blog yang berjalan (wah.. banyak ya? nggak juga, ada kok yang punya 20 blog hehehe). Dari lima blog itu saya membaginya dalam 2 kelas. Pertama Aktif, kedua Nggak Begitu Aktif (hehehe.. asal saja kasih nama).

Yang aktif ada 2 blog kebetulan temanya sama namun dengan gaya yang berbeda. Nah saya sudah komitmen dalam diri sendiri pada kedua blog ini minimal saya harus satu kali post dalam sehari. Kenapa harus post setiap hari?... Ya karena saya sudah komitmen.. hehe. Saya belajar disiplin disini.

Bahan postingan saya dapatkan dari banyak media massa yang kemudian diolah kembali dengan gaya bahasa dan opini saya. Dan sesekali kalau saya keluar rumah alias jalan-jalan, disitu bisa ditemukan bahan untuk menulis. Begitu ada inspirasi tulisan, saya langsung mengambil kertas dan pulpen membuat coretan kecil disana. Lalu kalau sudah online, langsung diketik saja dengan improvisasi sebisanya.

Susahkan mendapatkan bahan tulisan?. Sebenarnya tidak (minimal bagi saya), seperti tempo hari saya lihat tukang becak, itu langsung jadi bahan tulisan saya.
Saya selalu menekankan tidak perlu membuat tulisan yang panjang, walaupun kenyataannya jari ini sering kebablasan mengetik panjang lebar. Kedua blog itu alhamdulilah sampai saat ini rajin update tiap hari. Tapi pernah juga saya tidak post sama sekali dalam tempo sebulan. Itu karena saya ambruk.. sakit.

Kemudian pada 3 blog sisanya yang saya namakan 'blog tidak begitu aktif' itu, saya mengatur ritme postingan seminggu sekali. Dan kebetulan 3 blog ini menganut tema yang spesifik... sangat spesifik seperti tentang musik, puisi, dsb. Jadi misalnya blog pertama saya bikin post baru pada hari Senin, blog kedua Selasa, dan yang ketiga Rabu... itu berputar terus untuk minggu berikutnya. Pada hari Kamis, Jumat, Sabtu dan Minggu, saya gunakan untuk mengumpulkan bahan materi untuk diposting nantinya. Dan alhamdulilah, ketiga blog yang spesifik ini saya banyak dibantu ide dan materinya oleh kawan-kawan.

Kemudian yang selalu saya lakukan dalam membuat tulisan adalah suasana yang nyaman. Saya sering menulis pada tengah malam. Karena pada waktu itu sudah sepi tidak banyak gangguan. Lalu saya memutar lagu yang lembut. Kenapa? Karena dari pengalaman saya, kalau mengetik diiringi dengan lagu lembut, maka hasil tulisan akan adem dibaca heheh. Sebaliknya saat saya mengetik diiringi lagu rock heavy metal, maka hasilnya adalah tulisan yang kritis, pedas dan membuat panas pembaca.

Kira-kira itulah yang bisa saya bagi disini. Tentu masing-masing punya cara sendiri yang dirasa lebih nyaman. Kebiasaan yang saya lakukan memang terkesan ribet, namun bagi 'pengangguran' seperti saya, ya inilah yang sementara bisa dilakukan untuk mengisi waktu. Paling tidak menulis dalam blog tidak merugikan orang lain kan?.

Comments :

5 komentar to “Tips Mengelola Banyak Blog”

Kayaknya bingung kalau ngurus web/blog banyak2.
pasti ada yang bakal di telantarkan nantinya

salam kenalwww.edylaw.fforce.us

edylaw said...
on 

wah.. yg ini pasti ada yg prioritsdink... hehhe,,,
macam blog ku yg ini....

wisata riau9987 said...
on 

kalau blog-blog itu jadi ladang duit... masa masih bingung? hehehehe

Mbah Ngepot said...
on 

mwehehehe... aku juga punya 2 blog mbah tapi dua2nya membingngkan buat ngisi artikelnya hohoho....

maklum otak yang keliwat penuh gupprakk....

zujoe said...
on 

salam kenal! Saya punya 2 blog, yg 1 aktif, 1 tdk aktif. Semuanya personal blog, alias bkn tuk cari duit. Nah, yg berbau duit, saya ada 3 website dlm bhs Inggris. Selama ini yg agak keteteran yg website. Saya hanya mampu nambah artikel 2 minggu sekali. Enaknya, website ga perlu blogwalking.

Rencana saya sih, dr Senin-Jumat akan menulis 3 artikel utk 2 blog (2 yg aktif, 1 utk yg tdk aktif), plus 2 artikel bhs Inggris utk 3 website secara bergantian.

Blogwalking akan saya padatkan di hr Sabtu & Minggu. Sedang sisa waktu yg ada ingin saya fokuskan utk membenahi website dan aktif di social networking seperti Digg atau StumbleUpon.

Thanks buat sharing pengalamannya dlm mengelola banyak blog, kayaknya ini tepat untuk membantu saya menyusun rencana mengelola blog & site!

Fanda said...
on 

Post a Comment