19 June 2009

Debat Capres Dagelan

Semalam mbah nonton acara debat para capres putaran I yang disiarkan secara langsung di TV (18/06/09). Awalnya saya sangat tertarik, sejak sore sudah siap-siap menonton debat yang dalam bayangan bakalan seru. Kopi dan kacang sudah siap dimeja menemani. Jderrr... TV dinyalakan dan acara dimulai dengan dibuka oleh penampilan Iwan Fals dengan lagu 'Negara'.

Begitu debat dimulai, mbah masih menunggu-nunggu serunya.. Tapi dimana???.. Debat itu kok kayak ajang tanya jawab antara pak Lurah dan Pak Camat. Bukan debat namanya. Debat itu kuat-kuatan mempertahankan pendapat. Bantah-bantahan dengan mengeluarkan argumen yang masuk akal.. Namun debat semalam seperti moderator bertanya dan capres menjawab. Sudah itu saja tidak ada yang menarik.

Jawaban para capres juga datar-datar saja dan umum. Seperti.. Ya.. kita harus meningkatkan kinerja dsb dsb... jawaban yang membosankan, dan anak kecil juga bisa ngomong itu. Saya menunggu komitmen para capres yang tegas. Saya berharap dalam debat semalam mereka berani ngomong, "kalau saya jadi presiden, para koruptor langsung saya hukum mati". Atau, "kalau saya jadi presiden, saya akan penjarakan pemilik Lapindo...!".. Tapi mana berani para capres ngomong seperti itu??? Tidak berani karena mereka tidak yakin bisa melakukannya.

Ditengah acara live tersebut, mata mbah terkantuk-kantuk... dan malah terbuka saat Iwan Fals menyanyikan lagu 'Bangunlah Putra Putri Pertiwi' menutup acara itu.. Debat capres semalam bagi mbah mirip dagelan tidak bermutu... debat cap ngepot.

Dan siang tadi mbah mikir, yang calon presiden sebenarnya siapa?? Megawati, SBY, JK atau justru Iwan Fals???

Comments :

1

pertamaXXXXX............... si Mbah aja deh cpresnya... wakakaka

wisata riau said...
on 

Post a Comment