9 June 2009

Stop Merokok Dengan Rokok

Ya, merokok memang nikmat. Namun tak jarang banyak perokok yang ingin berhenti merokok. Ada yang menganggap merokok itu sebuah kebiasaan buruk, namun ada yang menganggap rokok adalah kebutuhan. Banyak cara dilakukan untuk berhenti merokok, namun semuanya susah. Kemudian cara paling manjur adalah dari keniatan pribadi. Cuma aah... ya begitulah.. susah. Kemarin mbah bertemu kawan yang memaparkan tips berhenti merokok.

Kawan mbah tersebut dahulu adalah perokok aktif. Minimal 3 pak rokok dalam sehari dihabiskannya. Lalu seiring waktu, dia merasa dadanya berat saat bernapas, juga badannya sering tidak bertenaga. Kata dokter, itu akibat rokok. Merokok baginya seperti minum air. Tubuh perokok dalam aliran darahnya sudah terisi nikotin dengan kadar tertentu. Apabila kadar nikotin itu berkurang, maka tubuh berontak dan meminta diinjeksi nikotin lagi. Caranya dengan merokok. Semakin bertambah frekwensi dan jumlah rokok yang dihisap, maka kadar nikotin dalam tubuh semakin bertambah juga.. begitu seterusnya.

Karena kondisi badannya terus bermasalah, maka dia berusaha berhenti merokok. Semua cara dicoba mulai cara sederhana seperti makan permen sampai ke tukang hipnotis. Namun semua gagal. Lalu dia mencoba cara sendiri.. Bagaimana?

Dia tetap membeli rokok tiap hari. Rokok itu selalu dibawa kemanapun dia pergi. Pertama-tama dia membatasi jumlah rokok yang disedot tiap hari. Memberi jatah dan selalu dikurangi bertahap. Misalnya minggu ini jatahnya per hari adalah 10 batang, minggu berikutnya 8 batang. Begitu terus hingga satu hari cukup satu batang rokok yang dihisap dan dijadwalkan pada waktu tertentu. Misalnya sebelum tidur malam.

Lalu pada saat saat tertentu ketika keinginan merokok datang namun jatahnya sudah habis, dia cukup membaui dan menyedotnya tanpa dibakar. Cara itu menurutnya lebih efektif dibanding sama sekali tidak membeli rokok. Sebab kalau keinginan merokok datang, dan rokok tidak ada. Maka dia kalang kabut berusaha mendapatkan rokok. Dengan membaui rokok dia cukup merasa nyaman. Dan saat ini teman mbah itu 90% sudah bersih dari rokok, meski dia tetap membawa pak rokok kemana-mana...

Mbah sendiri juga ada keinginan berhenti merokok walaupun kondisi mbah sehat-sehat saja (masih kuat push up 100 kali lho.. hehe). Namun mbah sadar berhenti merokok itu susah. Kemudian mbah coba resep teman tadi. Dan kini mbah masih dalam tahap 5 batang rokok per-hari. Alhamdulilah, dengan cara ini keinginan merokok bisa dikontrol. Pembagian waktunya juga sederhana. Bangun tidur 1 batang, istirahat siang 1 batang, sore 1 batang, malam 1 batang dan menjelang tidur 1 batang.

Cuma yang susah adalah kalau sedang ngumpul dengan kawan-kawan. Disitu mbah belum bisa mengontrol frekwensi rokok. Sebab semua kawan mbah seperti kereta api.. tuuut tuuut.. jess jess... heheh.. Ya sudahlah, paling tidak sudah ada keinginan dan pelan-pelan dilaksanakan. Lagian merokok pada tempatnya kan tidak merugikan orang lain, dibanding mabuk alkohol yang sudah dosa, merugikan orang lain dan gampang mati seperti orang-orang gila yang mabuk minuman oplosan dan tewas...

Begitulah tips berhenti merokok yang bisa dibagi disini. Tentu semua punya pendapat dan cara masing-masing yang dianggap lebih baik.

Comments :

4 komentar to “Stop Merokok Dengan Rokok”

hihihihi.... rokok adalah teman terbaik....

kwekwkekwkek.....

RanggaGoBloG said...
on 

dari tadi di depan laptop udah habis 1 bungkus setengah surya slim neh.... kayaknya susah deh...

edylaw said...
on 

waduh.. kayaknya sulit membuang temen yang satu ini, apalagi waktu lagi di depan komputer, wajib hukumnya.. hahahaha..

kucrit said...
on 

memang sulit kalau sudah jadi 'belahan congor' hahahaha....
tapi itu bisa dilakukan kok... coba saja...

Mbah Ngepot said...
on 

Post a Comment